Bipolar : Dukung, Jangan Menstigma

6Bipolar merupakan gangguan kejiwaan yang ditandai dengan perubahan mood atau suasana perasaan yang parah. Kebanyakan, pengidap bipolar akan berayun antara dua kondisi kejiwaan, yaitu manik dan depresi.

Manik adalah kondisi perasaan yang gembira, energik dan produktif. Sedangkan depresi kondisi kesedihan yang berlebihan tanpa pola dan waktu yang pasti.

Sebuah Talkshow bertajuk “Mengenal Tanda-tanda Bipolar dan Penanganannya” menghadirkan psikolog dan hipnoterapis  Alexandra Gabriella A., M.Psi, Psi., C.Ht. sebagai pembicara utama, bertujuan meningkatkan kesadaran secara global mengenai gangguan bipolar, menghapus stigma sosial, serta memberikan informasi tentang gangguan Bipolar sekaligus meningkatkan kepekaan terhadap penyakit.

Untuk mendiagnosis gangguang bipolar, perlu adanya evaluasi psikologis. Pada umunya dokter menanyakan pola perilaku pasien, suasana hati yang dirasakan, dan apa yang dipikirkan oleh pasien.

Sampai saat ini, penyebab spesifik dari gangguan bipolar belum diketahui. Ada pendapat bahwa kondisi ini disebabkan oleh ketidakseimbangan neurotransmitter atau zat pengontrol fungsi otak. Selain itu, ada juga yang berpendapat bahwa gangguan bipolar berkaitan dengan faktor genetik (keturunan).

Dalam talkshow tersebut juga mengungkapkan bahwa dukungan dari keluarga, teman, dan lingkungan, sangat dibutuhkan oleh seorang pengidap bipolar. Yang terjadi saat ini justru masyarakat memberikan stigma yang salah, karena selain sebagai ‘rem’, dukungan tersebut juga bisa memotivasi seorang pengidap bopolar untuk bisa percaya diri dan tetap bersosialisasi sebagaimana mestinya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s